Reader di Ortodoks, Lektor di Katolik

 






Dokumentasi pribadi.









Reader, di Gereja Orthodox, penjelasannya sebagai berikut:

Seorang reader, juga disebut sebagai lektor (dalam bahasa Yunani, αναγνώστης, anagnostis atau anagnostes; dalam bahasa Slavonic, Чтецъ, chtets) adalah ordo minor tertinggi kedua di Gereja Ortodoks. Ini adalah tatanan klerikal di mana seseorang dipilih dan ditahbiskan, memisahkannya sebagai orang yang diberkati oleh uskup (Bishop) untuk dibaca dalam kebaktian dan Liturgi Ilahi.

Yang secara peran, kurang lebih ada kemiripan dengan Lektor di Katolik. Perbedaannya adalah Reader di Gereja Orthodox, itu masuk dalam jenjang pertama keimamatan yang melewati proses penahbisan. 

Sesaat sebelum ditahbiskan sebagai pembaca, calon ditunjuk sebagai tanda ketundukan dan ketaatannya saat masuk ke dalam keadaan klerikal. Ini adalah tindakan terpisah dari pentahbisan. Pentahbisan dilakukan hanya sekali, segera sebelum pentahbisan seorang pembaca, yang dalam ritus penahbisan disebut sebagai "imam tingkat pertama".

Pembaca, seperti subdiakon, ditahbiskan oleh Cheirothesia - secara harfiah, "meletakkan tangan".

Setelah penunjukan, pembaca mengenakan phelon pendek, yang dikenakannya saat pertama kali membaca Surat. Phelon pendek ini kemudian dilepas (dan tidak pernah dipakai setelahnya) dan diganti dengan stikhar, yang kemudian dipakai pembaca setiap kali ia menjalankan tugas liturgi. Namun praktik ini tidak bersifat universal, dan banyak uskup (Bishop) dan pendeta mengizinkan pembacanya melakukan fungsinya hanya dengan mengenakan jubah atau (jika seorang biarawan) riassa.


Atau, begini menurut teks aslinya. Maafkan, jika ada kekeliruan dalam penerjemahannya. 









Dokumentasi pribadi.











A reader, also called a lector (in Greek, αναγνώστης, anagnostis or anagnostes; in Slavonic, Чтецъ, chtets) is the second-highest of the minor orders of the Orthodox Church. It is a clerical order to which a man is tonsured and ordained, setting him apart as blessed by the bishop to read in services and in the Divine Liturgy.

Readers, like subdeacons, are ordained by Cheirothesia - literally, "to place hands"

After being tonsured, the reader is vested in a short phelon, which he wears while reading the Epistle for the first time. This short phelon is then removed (and never worn thereafter) and replaced with a stikhar, which the reader wears thereafter whenever he performs his liturgical duties. This practice is not universal, however, and many bishops and priests will allow a reader to perform his function dressed only in a cassock or (if a monk) a riassa.

Immediately before ordination as a reader, the candidate is tonsured as a sign of his submission and obedience upon entry into the clerical state. It is a separate act from ordination. The tonsure is performed only once, immediately prior to the actual ordination of a reader, which the ordination rite refers to as "the first degree of priesthood".











Dokumentasi pribadi.








Comments

PLACE YOUR AD HERE

PLACE YOUR AD HERE
~ pasang iklan hanya Rp 100.000 per banner per 30 hari ~